Setelah sukses menyalurkan bantuan beras sebanyak 1 ton bagi yatim dan dhuafa dalam “Gerakan Berbagi THR” pada bulan 22 Mei 2020 oleh Guru Garis Depan (GGD) Kabupaten Sumba Timur. Kini GGD Sumba Timur kembali menyalurkan bantuan APD berupa baju Hazmat kepada 24 Puskesmas yang ada di Kabupaten Sumba Timur, melalui gerakan “Gotong Royong Kemanusiaan” untuk penanganan dampak Covid-19. Penyaluran bantuan APD ini diinisiasi oleh Masyarakat SM-3T Institute, salah satu wadah perkumpulan alumni SM-3T baik yang telah bertugas menjadi Guru Garis Depan maupun menjadi guru umum dan atau yang masih sementara berproses dan tersebar diseluruh pelosok nusantara.

Penyaluran ini bersumber dari donasi alumni SM-3T dan GGD melalui penjualan SM-3T Merchandise secara mandiri yang diakomodir langsung oleh Masyarakat SM-3T Institute. Seluruh keuntungan dari hasil penjualan tersebut diperuntukkan untuk penanganan dampak Covid-19.

Aprisal Al Nahli, selaku penanggung jawab dalam kegiatan ini yang juga merupakan alumni SM-3T, saat dikonfirmasi oleh media menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan wujud nyata sahabat alumni SM-3T dan GGD untuk membumikan pancasila sebagaimana tema peringatan Pancasila pada tahun ini “Gerakan Gotong Royong” yang baru saja kita peringati hari kelahirannya. Alumni SM-3T dan GGD berkomitmen hadir memberikan bantuan kepada negara di tengah pandemi Covid-19 dengan cara turun langsung memberikan bantuan APD kepada tenaga kesehatan yang berada di garda terdepan penanganan pasien yang terpapar Covid-19, beber Aprisal.

Aprisal Al Nahli menambahkan bahwa ini adalah Provinsi/kabupaten yang terakhir dalam penyaluran bantuan melalui gerakan “Gotong Royong Kemanusiaan”. Sebelumnya para sahabat alumni SM-3T dan GGD telah menyalurkan bantuan berupa sembako kepada masyarakat yang terkena dampak Covid-19 dari segi pendapatan ekonomi. Provinsi yang telah disasar oleh rekan alumni dan GGD diantaranya, Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah, Sorong Selatan-Papua Barat, Kabupaten Wajo-Sulawesi Selatan, dan terakhir Kabupaten Sumba Timur-Nusa Tenggara Timur yang menyalurkan bantuan APD. Selain itu sahabat alumni SM-3T dan GGD yang tersebar diberbagai daerah juga melakukan gerakan yang masif untuk kepedulian penanganan Covid-19, lanjut Aprisal.

Baca Juga :  Global Educator-Global Eyes: Global Awareness

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur, Dr. Chrisnawan Tri Hariyantana, saat menerima bantuan APD menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada Masyarakat SM-3T Indonesia dan juga GGD yang telah mendistribusikan bantuan APD berupa baju Hazmat. Beliau mengatakan bahwa dengan adanya kepedulian ini semua akan merasakan dampak secara umum. “Kami juga berharap kepada Bapak/Ibu Guru Garis Depan memberi bantuan kepada kami yang sifatnya bukan hanya materi tapi tentang pengetahuan, karena Bapak/Ibu gurulah yang berada di garis depan dan punya peran strategis berhadapan dengan murid. Murid-murid diharapkan menjadi agen perubahan ditengah keluarganya dengan cara memberi pemahaman dan meningkatkan sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)” pinta Dr. Chrisnawan.

Disaat bersamaan Kepala Puskesmas Kawangu Kec. Pandawai, Bapak Yohanes M Luhadu, S.KM seusai menerima langsung bantuan APD, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada lembaga yang berprofesi keguruan dalam hal ini baik Masyarakat SM-3T Indonesia maupun GGD yang telah berperan aktif dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Sumba Timur, khususnya melalui pemberian APD ini. “APD ini memang menjadi kebutuhan dasar kami, karena tidak semua Puskesmas (24 Puskesmas) dilengkapi dengan APD. Dengan adanya bantuan ini kami sangat terbantu, ini adalah gerakan dan kepedulian kemanusiaan yang patut kita apresiasi karena telah terlibat langsung” pungkas kepala puskesmas Kawangu.

Ditempat terpisah, Asisten Administrasi Umum Kabupaten Sumba Timur dan juga menjabat sebagai (PLT) Kepala BKSDM , Bapak Lu Pelindima, S.Sos, menyampaikan bahwa atas nama pemerintah daerah menyampaikan ucapan terima kasih baik kepada Masyarakat SM-3T Indonesia maupun GGD yang telah memiliki upaya dan nurani kepedulian untuk membantu pemerintah dalam hal penanganan Covid-19. “Harapan kami selaku pemerintah, hal-hal seperti inilah yang kita harapkan untuk kita semua, agar mampu berperan aktif bersama-sama memerangi Covid-19, kami harapkan tidak hanya GGD saja yang terlibat dalam kegiatan hal seperti ini, tapi seluruh stakeholder yang ada, baik ASN yang lain maupun lembaga-lembaga lainnya sehingga kita betul-betul merasakan wujud tanggung jawab ini. Bahwa wabah ini memang mengancam kita punya kehidupan” pinta Asisten 3 Sumba Timur, Lu Pelindima.

Baca Juga :  Optimalisasi WhatsApp sebagai Muara Berbagai Situs dan Platform Pembelajaran Jarak Jauh

Penyerahan bantuan APD dilaksanakan di Aula Pertemuan Kantor Dinas Pendidikan Sumba Timur. Turut hadir dalam acara penyerahan bantuan tersebut; Kepala Dinas Kesehatan Sumba Timur, Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sumba Timur, staf Dinas Kesehatan, perwakilan Kepala-Kepala Puskesmas Sumba Timur serta beberapa Guru Garis Depan Sumba Timur

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *