Resmi Mursal (Mahasiswa FKIP Unismuh Makassar)

Korelasi merupakan hubungan timbal balik atau sebab akibat[KBBI]. Namun ketika dikembangkan lebih jauh, Korelasi merupakan salah satu teknik analisis dalam statistik yang digunakan untuk mencari hubungan antara dua variabel yang bersifat kuantitatif.

Sebagai contoh yaitu korelasi antara pengajaran sains dan matematika.  Matematika adalah ilmu mengenai bilangan, bangun, pergerakan, perubahan, penalaran, dan pola (struktur). Sedangkan kata “Sains” berasal dari kata “Science” (bahasa Inggris), “Scientia” (bahasa Latin), yang berarti “Pengetahuan. Sains adalah usaha manusia untuk memperoleh pengetahuan yang sistematis mengenai alam semesta dengan mempergunakan metode ilmiah melalui penelitian.

Korelasi antara Pengajaran matematika dan sains sangat penting di terapkan kepada setiap siswa maupun mahasiswa, sebab Sains dan matematika dapat membuat banyak perkembangan bagi siswa atau mahasiswa itu sendiri seperti meningkatkan cara berpikir (logis, sistematis,  dan kritis), menumbuhkan sikap ilmiah dengan yaitu dengan adanya rasa ingin tahu yang besar terhadap hal baru, peka terhadap masalah dan memecahkan masalah tersebut. Selain itu sains dan matematika dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab, kerja sama dan ketelitian dalam memecahkan sebuah masalah. Hal-hal seperti inilah yang dapat mendorong lahirnya genarasi-generasi yang berwawasan luas.

Sains dapat berkembang karena adanya matematika. Seperti di ketahui bahwa sains memuat tentang gejala-gejala yang bersifat empiris. Matematika  mempelajari tentang perhitungan dan logika yang dapat terapkan saat melakukan sebuah observasi / penelitian. Matematika dapat memudahkan penarikan kesimpulan yang logis, sistematis dan konsisten dalam sebuah penelitian sains. Oleh karena itu matematika sangat penting terhadap perkembangan sains dan begitupun sebaliknya.

Korelasi antara sains dan matematika sangatlah penting di terapkan dalam era globalisasi. Seperti di ketahui bahwa globalisasi merupakan masa dimana sebuah teknologi informasi berkembang begitu cepat di tengah masyarakat. Perkembangan teknologi akan mempengaruhi kehidupan masyarakat, informasi akan lebih mudah di akses. Nah untuk itu masyarakat harus memiliki cara berpikir yang logis dan bijak terhadap informasi-informasi yang ada agar tidak terjadi penyimpangan dan tidak tertinggal oleh perubahan zaman.

Baca Juga :  PEMBELAJARAN EFEKTIF DI MASA PANDEMIK COVID-19

Selain itu, Sains dan matematika sangatlah penting dalam mengembangkan teknologi, karena dapat mendorong timbulnya inovasi-inovasi baru yang canggih pada bidang teknologi yang akan berguna di era globalisasi. Pemanfaatan sains dan matematika tidak hanya berperan terhadap perkembangan teknologi saja, akan tetapi berpengaruh terhadap bidang-bidang lain seperti kimia, fisika, ekonomi dan lain sebagainya.

Dewasa ini, dunia tengah di gemparkan oleh wabah Virus Corona yang menjadi masalah dalam bidang kesehatan dan ekonomi. Dalam penanganan wabah Virus Corona, sains dan matematika sangat berperan penting. Nah dalam menangani kasus ini, penelitian-penelitian sains terus dilakukan untuk mendapatkan fakta tentang Virus Corona dan cara untuk mengatasinya. Di sisi lain matematika juga berperan dalam menggambarkan kurva penyebaran Virus Corona, hal ini sangatlah berguna dalam menangani kasus ini.

Dengan adanya berbagai perubahan di era globalisasi maka kita harus menerapkan sikap-sikap ilmiah. Sebab Salah satu bentuk kecerdasan adalah dapat berpikir bijak dan logis dalam menghadapi suatu masalah dan perubahan dengan baik.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *