Dosen Unismuh Makassar tetap beraktivitas normal termasuk dalam memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satu diantaranya adalah Pengabdian kepada Masyarakat. Aktivitas tersebut selain dilakukan secara langsung juga dipadukan dengan via daring mengingat kondisi sekarang masih dalam pandemik covid 19.

Kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh Dosen Unismuh yang terdiri atas tiga (3) orang yaitu Dr. Nurlina, S.Si., M.Pd, sebagai ketua Tim serta Dr. Rahmi, S.Pi., M.Si dan Hilmi Hambali, S.Pd., M. Kes sebagai anggota tim adalah pelatihan Pembuatan alat untuk mengukur kesuburan tanah di kecamatan Tombolo Pao kabupaten gowa, Sabtu 16 Mei 2020.

Tujuan pengabdian ini adalah (1) meningkatkan pengetahuan para petani tentang penerapan teknologi tepat guna berupa alat pengukur kesuburan tanah yang sederhana, efektif dan efisien yang dapat digunakan petani untuk mengukur tingkat kesuburan tanah yang di kelolahnya; (2) Meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan para petani; (3) Mengoptimalkan potensi pertanian daerah setempat sehingga dapat menjadi salah satu daerah tolak ukur sentra pangan di daerah tersebut, Dr. Nurlina, S.Si., M.Pd

Kegiatan inipun sangat disambut hangat oleh masyarakat tombolo pao, ketua tim secara langsung ke lapangan untuk melaksanakan pelatihan dengan tetap menerapkan social distancing, menggunakan masker serta sarung tangan dan kedua anggota tim melakukan pelatihan via daring.

Alat ini akan sangat membantu petani untuk mengukur tingkat kesuburan tanahnya yang digarap sebab alat yang digunakan sangat sederhana dan tidak mengeluarkan banyak biaya dalam pembuatannya. Petani tidak lagi mengandalkan lahan yang telah dibersihkan saja yang tingkat kesuburan tanahnya tidak diketahui, namun petani juga mampu mengukur tingkat kesuburan tanahnya, Ujar Dr. Rahmi (salah satu anggota Tim Pengabdian)

Baca Juga :  PELATIHAN ONLINE PKB GURU: MELATIH BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RADEC

By admin

One thought on “DOSEN UNISMUH MAKASSAR SELENGGARAKAN PELATIHAN PEMBUATAN ALAT UNTUK MENGUKUR KESUBURAN TANAH PADA MASYARAKAT DI TOMBOLO PAO KABUPATEN GOWA”
  1. Technologi tepat guna khusus nya alat pengukur kesuburan tanah sangat membantu masyarakat atau petani dalam pengulahan laham pertanian, tanah yg tidak subur mbutuhkan biaya yg besar, dan kadang -kadang hasil panenbyg d peroleh tidak seimbang dengan dana yg di keluarkan para petani

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *