Dosen dan Mahasiswa Program Doktor Ilmu Sosiologi Universitas Negeri Makassar melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan tema” social preneur dalam Penanggulangan Kemiskinan di Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng sejak tanggal tanggal 14 Mei sampai 07 Juni Tahun 2020.

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh Prof. Dr. Andi Agustang, M.Si sebagai ketua Tim dengan melibatkan 3 mahasiswa Program Doktor Ilmu Sosiologi yaitu Suardi, S.Pd,.M.Pd, Indah Ainun Mutiara, S.Pd,.M.Pd dan Herdianty R, S.Pd,.M.Pd yang juga merupakan Dosen Universitas Muhammadiyah Makassar.

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat berdasar pada penanggulangan kemiskinan melalui pemberdayaan perempuan, akan dilakukan dengan bekerja sama dan menggunakan jejaring organisasi ibu-ibu PKK (pemberdayaan kesejahteraan keluarga), karena jejaring organisasi PKK terorganisir secara baik juga kegiatannya sudah melembaga dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Oleh karena itu Konsep pengabdian yang dilakukan bertujuan untuk penanggulangan kemiskinan masyarakat melalui social preneur dan mendorong perubahan sosial bagi masyarakat. Meskipun demikan namun pemberdayaan kesejahteraan keluarga belum mendapatkan pembinaan keterampilan menghasilkan produk yang menghasilkan profit untu keluarga selain itu keterbatasan dalam pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran secara online. Sehingga melalui kegiatan tersebut diarahkan untuk menumbuhkan keterampilan produksi produk, keterampilan desain produk, keterampilan branding produk dan pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran hasil produk melalui kegiatan social preneur yang dilakukan oleh ibu-ibu PKK RW 01 dan ibu-ibu PKK RW 02 agar dapat meminimalisir beban kebutuhan keluarga dengan memanfaatkan modal sosial jaringan PKK yang menjadi wahana bersama menjalin hubungan sosial dan hubungan ekonomi, sehingga mampu memberikan penghasilan tambahan kepada keluarga anggota PKK dan dapat menanggulangi permasalah kemiskinan di Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng.

Baca Juga :  BERBANTUAN PENYUSUNAN PENILAIAN BERBASIS KONSTEKS

Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian dilakukan melalui pelatihan yang diberikan kepada ibu-ibu PKK RW 01 dan RW 02 melalui beberapa tahap yaitu tahap perencanaan kegiatan, tahap pelaksanaan kegiatan dan tahap evaluasi atau akhir kegiatan. Realisasi kegiatan pengabdian dilakukan melalui pelatihan keterampilan produk yang dilakukan melalui kegiatan social preneur dan pelatihan pemanfaatan media sosial untuk pemasaran produk “Bean Cake Bantaeng” sebagai hasil nyata pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan disambut hangat dan sangat antusias  dalam mengikuti kegiatan  pelaksanaan  kegiatan dan ibu-ibu PKK memiliki komitmen melanjutkan kegiatan program pengabdian yang telah dilakukan.

By admin

One thought on “DOSEN DAN MAHASISWA PROGRAM DOKTOR ILMU SOSIOLOGI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR MELAKSANAKAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI BISSAPPU KAB. BANTAENG”
  1. Social preneur sangat penting di soaialisasikan, dan di berikan bimbingan lansung kepada masyarakat, melalui ibu-ibu PKK. Banyak ibu-ibu kreatif yg tidak paham cara memasarkan produk nya d sosial media

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *