Muhammad Ilham S (Mahasiswa S2 Magister Pendidikan Dasar Unismuh Makassar)

Apa yang harus kita khawatirkan dalam fase krisis ini yang mungkin berdampak langsung pada anak-anak dan remaja? Kehilangan pembelajaran, mengganggu kehidupan banyak anak, orang tua mereka, dan guru. Banyak yang dapat dilakukan untuk setidaknya mengurangi dampak melalui strategi pembelajaran jarak jauh. Negara-negara kaya lebih siap untuk pindah ke strategi pembelajaran online, meskipun dengan banyak upaya dan tantangan untuk guru dan orang tua. Di negara-negara berpenghasilan menengah dan lebih miskin, situasinya sangat beragam dan jika kita tidak bertindak dengan tepat maka resiko kemunduran Pendidikan disebuah negara akan terjadi.

Di era pandemi ini terutama dindonesia masih ada hal-hal yang menghambat Pendidikan kita yaitu anak tidak memiliki buku, konektivitas internet, laptop di rumah, atau orang tua yang mendukung. Perbedaan kesempatan untuk berkembang dan menyebabkan krisis memiliki dampak negatif yang bahkan lebih besar pada pembelajaran anak-anak miskin. Pada strategi online akan menyiratkan hanya menjangkau anak-anak dari keluarga kaya. Strategi yang tepat adalah menggunakan semua mode pengiriman yang mungkin dengan infrastruktur yang ada saat ini. Gunakan alat online untuk memastikan bahwa rencana pelajaran, video, tutorial, dan sumber daya lain tersedia untuk beberapa siswa dan mungkin, sebagian besar guru. Bekerja dengan perusahaan telekomunikasi untuk menerapkan kebijakan tarif nol/gratis juga dapat memfasilitasi materi pembelajaran untuk diunduh di smartphone, yang kemungkinan besar dimiliki oleh lebih banyak siswa.

Radio dan TV juga merupakan alat yang sangat kuat. Keuntungan yang kita miliki saat ini, adalah bahwa melalui jejaring sosial, WhatsApp atau SMS, kementerian pendidikan dapat berkomunikasi secara efektif dengan orang tua dan guru dan memberikan pedoman, instruksi dan struktur untuk proses pembelajaran, menggunakan konten yang disampaikan oleh radio atau TV. Pembelajaran jarak jauh tidak hanya tentang pembelajaran online, tetapi tentang pembelajaran media campuran, dengan tujuan menjangkau sebanyak mungkin siswa, hari ini.

Baca Juga :  “PENDIDIKAN SEBAGAI TOLOK UKUR DALAM MENINGKATKAN TARAF HIDUP GENERASI MUDA”

Peran orang tua dan keluarga, yang selalu sangat penting, sangat penting dalam tugas itu. Jadi, banyak bantuan yang disediakan kementerian pendidikan, bekerja melalui media massa, juga harus diberikan kepada orang tua. Radio,TV, Media sosial semuanya dapat digunakan untuk memberikan tips dan saran kepada mereka tentang cara mendukung anak-anak mereka dengan lebih baik. Orang tua akan lebih terlibat dalam proses pendidikan anak-anak mereka, dan kementerian pendidikan akan memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang kesenjangan dan tantangan (dalam konektivitas, perangkat keras, integrasi alat digital dalam kurikulum, kesiapan guru) yang ada dalam menggunakan teknologi secara efektif dan bertindak berdasarkan itu. Semua ini dapat memperkuat sistem pendidikan di suatu negara.

Mengatasi krisis pembelajaran yang sudah kita alami dan merespons pandemi yang kita semua hadapi. Tantangan hari ini adalah untuk mengurangi sebanyak mungkin dampak negatif pandemi ini pada pembelajaran dan sekolah, dengan rasa tanggung jawab dari semua pihak dan dengan pemahaman yang lebih baik dan rasa urgensi akan kebutuhan untuk menutup celah dalam peluang dan memastikan bahwa semua anak memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *