Siti Andriyani Salesi (Mahasiswa S1 PGSD, Unismuh Makassar)

Sebelum kita membahas tentang lingkungan ada baiknya kita membahas tentang etika, karena etika sangat berperan penting dalam kehidupan kita. lingkungan di sekitar kita dapat merubah pola tingkah laku anak, oleh sebab itu peran orang tua sangat penting untuk menanamkan etika  dan moral anak.

Secara teoritis, etika mempunyai pengertian yaitu etika berasal dari kata Yunani ethos  yang berati “adat istiadat” atau “kebiasaan”. Dalam arti ini etika berkaitan dengan kebiasaan hidup yang baik, tata cara hidup  yang baik, baik pada diri seseorang maupun atau masyarakat. (Sonny. 2010:14)

Sedangkan menurut James J. Spillane SJ yaitu mempertimbangkan atau memperhatiikan tingkah laku dalam menngambil  suatu keputusan yang berkaitan dengan moral. Etika lebih mengarah pada penggunaan akal budi manusia dengan objektivitas untuk menentukan benar atau salahnya serta tingkah laku seseorang kepada orang lain.

Menurut pendapat saya, etika merupakan salah satu kebiasaan atau tingkah laku seseorang dalam melakukan suatu perbuatan, apabila etika seseorang itu baik maka tingkah lakunya baik, semua itu tergantung lingkungan di sekitar mereka apabila lingkungan di sekitar mereka baik maka tingkah lakunya juga akan baik, semua itu tergantung dari lingkungan dan peran orang tua dalam mendidik anak-anak mereka.

Nah sekarang kita akan masuk ke pengertian lingkungan dan dampak lingkungan terhadap pola tingkah laku anak. Lingkungan merupakan salah satu tempat belajar seorang anak, baik itu di lungkungan sekolah, lingkungan keluaraga dan lingkungan masyarakat. Lingkinkungan dapat mempengaruhi pola tingkah laku seorang anak. Dan dampaknya yaitu:

Kita lihat dari lingkungan keluarga yaitu, cara orang tua mendidik anak. Disini cara orang tua mendidik anak sangat besar pengaruhnya pada anak, orang tua yang kurang memberikan perhatian kepada anak dan acuh tak acuh dengan anak maka akan berdampak buruk pada tingkah lakuh anak, seperti tidak mendengar kata orang tua dan masih banyak lagi tingkah laku yang buruk yang akan muncul ketika orang tua tidak mendidik anak-anak mereka dengan baik. Begitu pula sebaliknya apabila orang tua yang mendidik anaknya dengan kasih sayang dan perhatian yang cukup maka dampaknya juga akan baik.

Baca Juga :  Make Realtionship Years Lights Fill Kind In USA

Bimbingan orang tua. Bimbingan orang tua juga sangat penting karena, apa yang dilakukan oleh orang tuanya akan diikuti oleh anaknya, ada kata pepata “buah tidak jatuh jauh dari pohonnnya”, dari kata-kata itu kita bisa lihat bahwa apapun yang dilakukan orang tua maka akan ditiru oleh anak mereka sendiri nanatinya. Oleh sebab itu sebagai orang tua harus memberikan bimbingan yang baik untuk anak-anak mereka, agar dampaknya juga akan baik.

Lingkungan sekolah. Di lingkungan sekolah kita bisa lihat dari hubungan guru dengan siswa dan hungan siswa satu dengan siswa yang lain. Hubungan guru dengan siswa, apabila hubungan guru dan siswa terjalin baik maka siswa akan mendengarkan apa yang akan gurunya jelaskan mengenai materi yang akan di bahas, oleh sebab itu seorang guru hharus menjalin hubungan dengan baik dengan siswa mereka agar siswa mereka mendapatkan dampak yang baik bagi mereka.

Disiplin sekolah, seorang anak dapat terlihat baik salah satunya adalah disiplin, disiplin merupakan salah satu ketertiban dalam mengikuti kegiatan belajar  baik itu disiplin dalam watu, berpakaian, tutur kata dan lain-lain sebagainya. Apa bila seorang anak sudah di siplin maka dampaknya akan baik pada dirinya kelak dan akan berguna bagi dirinya sendiri. Begitu pula sebaliknya apa bila seorang anak tidak disiplin maka akan berdampak buruk.

Lingkungan masyarakat.  Yaitu teman bergaul, dan lingkungan tetangga. Teman bergaul, teman bergaul sagat besar pengaruhnya dan mereka lebih cepat beradaptasi dengan teman-teman mereka, oleh karena itu teman bargail yang baik akan berdampak yang baik, begitu pula sebaliknya teman bergaul yang kurang baik maka akan berdampak tidak baik.

Lingkungan tetangga. Lingkungan tetangga sangat berpengaruh dan lebih cepat masuk ke dalam jiwa anak, contohnya ada anak tetangga jarang sekali pergi ke sekolah, dan orang tuanya juga tidak perdili dengan anaknya, maka akan berdampak buruk bagi anak-anak lainya karena terpengaruh dengan lingkungan di sekitarnya.

Baca Juga :  BELAJAR MATEMATIKA DI MASA PANDEMIK COVID-19

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *