Fitra Hunnisa (Mahasiswi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Makassar)

Ilmu Pengetahuan  dan Teknologi (IPTEK) adalah suatu sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahuan ataupun wawasan seseorang di bidang teknologi. Teknologi dalam penerapannya sebagai jalur utama yang dapat menyonsong masa depan, sudah diberi kepercayaan yang mendalam. Teknologi dapat mempermudah kegiatan manusia. Melalui IPTEK, peradaban manusia bisa mengalami kemajuan yang sangat pesat seperti sekarang. Pengembangan IPTEK mutlak diperlukan oleh suatu bangsa jika ingin maju dan bertahan di tengah persaingan di era globalisasi.

Era Globalisasi adalah zaman yang didalamnya terjadi proses mendunia atau zaman dimana kebudayaan tingkat ketergantungan masyarakat menaik. Proses mendunia ini yang terjadi  sejak tahun 1980-an itu terjadi di berbagai bidang atau aspek kehidupan manusia, salah satunya di bidang IPTEK. Untuk bisa menghadapi perkembangan era globalisasi tentunya diperlukan suatu kesiapan yang matang. Salah satunya dengan pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) sangat diperlukan untuk bersaing dalam pengembangan IPTEK di era globalisasi. Kemajuan IPTEK yang begitu pesat sangat dipengaruhi oleh MIPA, terutama penemuan – penemuan dan terobosan – terobosan terbaru para ilmuan dan akademisi.

Matematika adalah sarana pendukung dari berbagai jenis kehidupan yang lainnya dan juga merupakan hal yang paling urgen dalam kesuksesan komunikasi dan informasi saat ini dalam teknologi. Matematika mengembangkan kemampuan berpikir logis, analisis, sistematis, kritis, dan kreatif.  Matematika mengembangkan kemampuan penalaran, kemampuan untuk memecahkan masalah, dan kemampuan untuk berpikir secara absrak. Sedangkan Sains adalah usaha manusia untuk memperoleh pengetahuan yang sistematis mengenai alam semesta dengan mempergunakan metode ilmiah melalui penelitian. Salah satu dari jenis – jenis sains yaitu sains murni. Contoh sains murni yaitu biologi, kimia, fisika, dan lain – lain. Matematika sangat penting bagi keilmuan, terutama yang dimainkannya dalam mengekspresikan model ilmiah. Matematika merupakan ilmu dasar dari pengetahuan. MIPA sangat erat kaitannya MIPA adalah penunjang utama perkembangan IPTEK terutama dalam bidang industri.

Baca Juga :  MENGHIMPUN KETEKUNAN UNTUK BEKAL KEABADIAN

Perkembangan IPTEK yang pesat adalah berkat dukungan MIPA. Landasan dukungan disebabkan kekuatan MIPA pada struktur dan penalarannya, perkembangan MIPA sering merintis kemungkinan penerapannya yang baru pada berbagai bidang ilmu lain. Sebaliknya, tuntutan pemecahan masalah berbagai bidang IPTEK turut mendorong perkembangan MIPA. MIPA merupakan benih dan akar dari teknologi. Cain dan Evans (1990) mengatakan IPA milik semua orang “science for all”. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) sebagai salah satu ilmu dasar (basic science), baik aspek terapannya maupun aspek penalarannya, mempunyai peranan penting dalam upaya penguasaan IPTEK.

Peranan MIPA makin meningkat, karena teknologi merupakan tulang punggung industri. Dalam aspek industri sekarang ini telah mengalami revolusi industri ke empat. Revolusi industri mencakup teknologi digital, teknologi wireless, dan big data secara masih yang terintegrasi dengan kegiatan manufaktur. Lihatlah keberhasilan Jepang dan Korea Selatan yang memfokuskan pendidikan kepada ilmu maematika, kimia, Fisika, dan biologi. Ilmu bukan sekedar pengetahuan (knowledge), tetapi merangkum sekumpulan pengetahuan berdasarkan teori – teori yang disepakati dan dapat secara sistematik diuji dengan seperangkat metode yang diakui dalam bidang ilmu tertentu.

Gerakan reformasi dalam pembelajaran Sains dan teknologi di sekolah, tiada lain menjadikan warga negara melek akan sains dan teknologi (scientific and technological literacy) sebagaimana apa yang dilakukan dan telah dimulai dalam dua dekade terakhir oleh negara – negara maju. Perkembangan IPTEK yang semakin pesat perlu perhatian oleh guru dan peserta didik. Dalam hal ini peserta didik perlu dipersiapkan untuk mengenal, memahami, dan menguasai IPTEK dalam rangka meningkatkan kualitas hidupnya. Persiapan seawal mungkin sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di masa depan yang semakin meningkat. Berbagai tantangan muncul, antara lain menyangkut peningkatan kualitas hidup, pemerataan hasil pembangunan, partisipasi masyarakat, dan kemampuan untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM). Dalam rangka pengembangan IPTEK diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas sehingga mampu mengembangkan, menguasai dan memanfaatkan IPTEK. Pengembangan SDM yang berkualitas tidak dapat dipisahkan dari perkembangan MIPA yang cukup pesat.

Baca Juga :  Workshop Nasional Online “ Menulis Buku Dan Artikel Ilmiah Pendidikan Bagi Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas”

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *