Ira Kusmira (Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar)

Matematika adalah ilmu tentang kuantitas, struktur, ruang, dan perubahan. Matematika adalah pola pikir, terorganisir, bukti logis, matematika adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas dan akurat representasi dari simbol dan padat, lebih bahasa simbol dari sebuah ide daripada kedengarannya (James dan James 1976).

Sejak virus Corona masuk ke Indonesia pemerintah mengambil kebijakan untuk memerintahkan warganya mengkarantina diri masing-masing di rumah untuk memutuskan rantai penyebaran covid-19. Menteri pendidikan dan kebudayaan republik Indonesia, Nadim Makarim juga mengeluarkan kebijakan melalui surat edaran. Berdasarkan surat edaran tersebut, nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus Corona, kebijakan tersebut yakni bahwa pembelajaran dilakukan di rumah masing masing.

Media pembelajaran diharapkan dapat menarik minat siswa dan menghilangkan rasa jenuh dalam belajar matematika yang dianggap sulit oleh sebagian orang sehingga pesan atau informasi yang akan disampaikan dapat diserap dengan baik oleh siswa. Diera yang serba digital ini, sudah banyak sekali aplikasi pendukung untuk proses pembelajaran daring, siswa bisa belajar dari WhatsApp, Google classroom, zoom, YouTube dan masih banyak aplikasi lainnya yang menjadi media dalam pembelajaran daring.

Matematika adalah ilmu pasti. Maka dari itu diperlukan inovasi dalam mempelajari matematika ditengah Pandemi seperti sekarang ini. Pemilihan metode pembelajaran juga sangatlah penting untuk mencapai keberhasilan dalam pembelajaran. Dengan situasi saat ini, sekiranya guru atau dosen dapat mengirim video penjelasan materi matematika yang diajarinya, agar peserta didik dapat lebih mudah memahami materi yang di bawakan dan dengan kondisi seperti ini siswa akan mudah bosan untuk belajar jika hanya diberikan tugas saja tanpa adanya penjelasan materi yang diberikan oleh guru atau dosen.

Baca Juga :  TIM PEDULI FKIP UNISMUH MAKASSAR FOR BANTAENG DAN JENEPONTO

Dalam pembelajaran matematika secara daring ini, kita juga bisa menggunakan beberapa media yang dapat membantu memperjelas mata kuliah yang diberikan oleh guru atau dosen, salah satunya adalah aplikasi YouTube. Di dalam aplikasi ini terdapat banyak video penjelasan pembelajaran tentang matematika yang sangat membantu dalam pembelajaran daring ini.

Selain media YouTube ada pula media yang bagus dalam pembelajaran matematika bagi anak, salah satunya dengan pemberian komik elektronik (e-komik) edukasi sederhana yang mampu menarik siswa sehingga mampu meningkatkan minat belajar matematika siswa. Hal ini karena komik merupakan salah satu bacaan yang banyak anak sukai, sehingga dapat meningkatkan minat belajar matematika siswa ditengah pandemi Corona seperti sekarang ini. Pembelajar dengan menggunakan komik Edukasi juga bersifat santai, dengan penyampaian materi yang tidak terlalu berat, sehingga mampu dengan mudah dipahami oleh siswa.

Pemilihan media daring harus mampu mengakomodasi semua komponen yang ada dalam pembelajaran matematika, yaitu adanya materi yang sesuai tujuan pembelajaran, metode pembelajaran yang sesuai, adanya forum diskusi, penugasan dan penilaian. Untuk menyematkan materi pembelajaran matematika daring Dapat menggunakan suatu Web, blog, moodle atau learning managent system (LMS).

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *